Wisata Kuliner di Langkawi

Langkawi Surga Kuliner Tak lengkap rasanya jika jalan-jalan ke suatu daerah tapi tak merasakan kuliner lezatnya. Tak terkecuali di La...

Langkawi Surga Kuliner

Tak lengkap rasanya jika jalan-jalan ke suatu daerah tapi tak merasakan kuliner lezatnya. Tak terkecuali di Langkawi , tempat surganya kuliner. Makanan khas di Pulau Langkawi sama seperti di daerah Malaysia pada umumnya  : Nasi Lemak, Nasi Kandar, Nasi Briyani., Asam Laksa dan Kerabu (semacam YamSaap di Bangkok). Namun yang membedakan adalah letak topografi Langkawi yang berupa pulau kecil, sehingga seafood sangat menjamur disini. Kalau mau makan lobster, cumi-cumi, udang, ikan, di sini surganya. Langkawi juga dekat dengan HatYai, Thailand, sehingga banyak sekali ditemui restoran Thailand. 

Pantai Cenang

Tempat makan dan tempat kongkow yang banyak ragam restoran terdapat di pantai Cenang. Di Cenang, banyak terdapat restoran Thailand, restoran seafood, bahkan restoran Perancis pun ada. Restoran-restoran yang terkenal di pantai Cenang :

1. Restoran Haji Ramli

    Restoran Haji Ramli terletak di pinggir jalan raya pantai Cenang. Resto ini menyajikan beragam menu seafood dan makanan Thailand. Ikan bakarnya endesss surendess. Tom Yum nya juga segeeeerr bingiiits. Harganya pun murah. Coba deh ikan bakarnya pakai sambelnya yang gak pedes sama sekali hihihi.
Ikan Bakar Haji Ramli juara lah

   2. Restoran Orkid Ria

Lagi-lagi seafood restoran yaaaa namanya juga pulau kecil , seafood lah juaranya disini hehehe. Tapi yang ini agak mahal. Lobster per gramnya 18RM, sekitar 60ribuan. Sekilo bakal jadi 600ribuan. Akhirnya sayapun lari terbirit-birit hanya memandang display lobster dan udang galah yang harganya sama seperti tiket pesawat saya pulang pergi Jakarta-Kuala Lumpur huhuhuhuhu :(

Restoran ini selalu full house, padahal mahal banget. Emang enak kali yaaa makanannya ... atau pake jin ???


Ini yang bikin saya minder, jadi langsung kabur hehehehe

3. Yellow Cafe

Selain seafood, di pantai Cenang juga ada cafe western yang agak-agak romantis gimanaaa gitu hihihi. Yang ini namanya Yellow Cafe di pesisir pantai Cenang. Tempatnya dekat dengan Underwater World Cenang. Makanannya yaaa makanan barat lah , seperti steak, burger, dll.

Yellow Cafe yang romantis tis tis, kayak di Jimbaran tepi pantai gitu lah

Tempatnya comfy banget, plus banyak bule buat cuci mata hehehe

Steaknya enak banget, lembut, empuk n juicy dagingnya

4. La Chocolatine Cafe

Cafe yang terletak sedikit ke kiri dari pantai Cenang, alias di jalan masuk pantai Tengah ini adalah cafe Perancis yang menjual Pattiserrie khas Perancis. Coklat panasnya luar biasa enaaaaak. Sandwich tuna nya juga segar dan besar, plus memakai roti baguette Perancis yang agak keras, tapi enak.Cafe ini mendapat rekomendasi dari TripAdvisor. Wajib dicoba lah jika anda sedang di Langkawi.




Cari tanda neon box yang seperti ini yaa, di kiri jalan kalau anda melaju dari Pantai Cenang

Suka banget sama ambience nya. Berasa di Paris hihihihi

Macam-macam patiserie nya, silaaa dipilih

Hot Chocolate nya enak banget, lembut, kental, wangiiiii



La Chocolatine tampak depan

Tuna Sandwich ala Parisian


Pasar Malam penuh makanan di Kuah Town



Berkunjunglah ke Langkawi hari Rabu atau Sabtu. Mengapa ??? Karena setiap Rabu malam dan Sabtu malam, ada pasar malam di depan hotel My Love, dekat Langkawi Saga, di Kuah Town, yang penuuuuh dengan berbagai macam makanan khas Langkawi dan muraaaah banget. Pasar malam ini ada sepanjang 1 kilometer jalan depan My Love Hotel, dan dipenuhi banyak orang lokal maupun turis asing. Harga makanan dari 0.5 RM (alias dua seringgit, kayak Mail temannya Upin dan Ipin hehehe) - 10 RM. Sedangkan minuman seperti air teh tarik, air carrot susu,air melon susu, air jagung seharga 1 RM per gelasnya.

Berikut ini foto-foto makanan yang saya coba disana.
Suasana pasar malam penuh makanan

Martabak manis, 2 seringgit



jus mangga Thailand 3 RM,  enak banget iniiiih

Yong Tau Fu ala ala




Nasi ayam madu dan nasi ayam hitam 4 RM


Kue Khas Langkawi : Tokiyoo dan  Dorayaki yang beda banget dari dorayaki Jepang. Tapi enak juga

 
Murtabak isi ayam atau isi lembu, 5 RM

Ketan Durian, 6 RM, endessss

 KUAH TOWN

Pusat kota di Langkawi ada di Kuah Town. Kuliner di Kuah Town juga beragam . Di antaranya :

1. Artisans Pizza

 Sebenarnya banyak gerai dari Artisans Pizza ini, di antaranya di Pantai Cenang dan yang saya coba ada di samping hotel Cosy Inn tempat saya menginap. Pizzanya renyah,  dengan pilihan menu yang beragam termasuk ada seafood pizza. Bahkan Artisans Pizza ini menyediakan menu India, seperti nasi Briyani dengan daging ayam atau Briyani dengan daging kambing.
Artisans Pizza yang ada dimana-mana

Caramel Latte dan seafood pizza pilihan saya

Pizza nya renyah, tidak terlalu tipis, dan mozarella nya ini yang bikin liur menetes


2. Laksa Power

Laksa Power ini terletak di jalan lapangan terbang Padang Matsirat. Jadi kalau anda dari pantai Cenang menuju pantai Kok atau menuju Sky Cab, pasti melewati jalan ini. Laksa Power berjualan di atas mobil box kecil. Laksanya enaaak, asam-asam pedas dengan kuah ikan yang kental.

Ini penampakan mobil box si Laksa Power


Asam Laksa, cendol pulut/ cendol ketan , rojak, tempat makan pinggir pantai lapangan terbang

 3. Coconut Shake 

Coconut shake adalah minuman khas Malaysia, yaitu air kelapa muda dicampur daging kelapa muda nya, lalu diberikan es krim vanilla di atasnya. Saya sukaaa sekali minuman ini, tapi yang paling enak ada di jalan dekat Airport ke arah jalan Padang Matsirat.

Silaa dipilih mau yang blend atau shake , sama enaknya

Cari aja yang kayak gini signage nya

4. Restoran Wan Thai

Salah satu restoran Thailand yang recommended di Kuah Town, adalah restoran Wan Thai di belakang Pizza Hut , jalan Pokok Asam , Kuah Town. Menunya beragam masakan Thailand, dengan rasa yang sama dengan makanan Thailand di Bangkok.



Ini penampakan dari luar, pas di belakang Pizza Hut

Ini beberapa contoh makanannya

LANGKAWI, DUTY FREE ISLAND : HEAVEN FOR SHOPPER

Pulau Langkawi adalah pulau dimana tidak ada pajak atas barang-barangnya , jadi ini DUTY FREE ISLAND. Surga banget buat para shopper. Di sini gudangnya cokelat murah, barang-barang branded, dan barang pecah belah bermerek. Disini banyak mall juga lho. Saya sendiri gak hafal. Yang saya kunjungi hanya mall di Langkawi Jetty Point, Haji Ismail Group buat beli oleh-oleh cokelat dan barang pecah belah, tas koper, dll.

You Might Also Like

1 komentar


  1. Not complete it if it walks into an area but do not feel the delicious culinary . Not least in Langkawi , a culinary paradise . Food is typical in Pulau Langkawi Malaysia same as in the region in general : Nasi Lemak , Nasi Kandar , Nasi Briyani . , Asam Laksa and kerabu (sort YamSaap in Bangkok ) .
    togel sgp

    BalasHapus

Flickr Images